Minggu, 28 Februari 2010

SILABUS FILSAFAT PENDIDIKAN PAI

MATA KULIAH : FILSAFAT PENDIDIKAN
KOMPONEN : MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK)
FAKULTAS : TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU
JURUSAN : PAI
PROGRAM : S1
SEMESTER : IV
BOBOT : 4 SKS

B. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini memberikan diskusinya tentang berbagai problem yang berkenaan dengan pendidikan melalui pendekatan filsafat praktis guna untuk mencarikan pemecahannya secara mendalam, sistematis, logis, metodis dan komprehensif, sehingga terbentuk pengetahuan ideal tentang pendidikan Islam. Oleh karena itu, diskusi-diskusi penting dalam mata kuliah ini mencakup permasalahan tentang konsepsi manusia, pendidikan dan nilai dalam konteks Islam sebagai pemahaman awal yang akan menjadi landasan bagi pemikiran system strategi dan tehnik pendidikan yang dapat ditempuh untuk mengembangkan sumber daya manusia yang tidak lain adalah inti dari aktivitas kependidikan itu sendiri. Mata kuliah ini juga memperkenalkan aliran-aliran dalam filsafat pendidikan sebagai model berpikir filsafat dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan. Kecuali itu, karena kegiatan kependidikan dalam lembaga pendidikan bukanlah suatu badan yang berdiri sendiri, maka dalam diskusi mata kuliah ini juga dibicarakan bagaimana keterkaitan pendidikan dengan ideologi politik negara yang akan tercermin dalam peraturan-peraturan dan perundang-undangan pendidikan.

C. TUJUAN

Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih mahasiswa berpikir logis, sistematis dan mendalam tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan aktivitas pendidikan Islam, sehingga memiliki pemahaman yang tajam tentang dunia pendidikan Islam dan terlatih menggunakan tata pikir filsafat untuk melahirkan pemikiran yang kreatif, konstruktif dan inovatif.

D. TOPIK INTI
I. Mengenal Kawasan Filsafat
A. Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat
B. Sej. Perkembangan Filsafat
C. Pengetahuan dan Kebenaran
D. Sistematika Berpikir Filsafat
E. Logika
1. Pengertian
2. Deskripsi/ Pengungkapan
3. Penyimpulan dan Putusan
F. Filsafat dan Ilmu Pengetahuan
II. Pengertian, Kegunaan, Pendekatan dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan
A. Pengertian
B. Pendidikan dan Filsafat Pendidikan
C. Pendekatan-Pendekatan Studi dalam Filsafat Pendidikan
D. Objek, Sumber dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan
III. Manusia, Alam dan Tuhan dam Implikasinya dalam Pendidikan
A. Hakikat dan Kedudukan Manusia di Dunia
B. Eksistensi Pendidikan dalam Pengembangan Fitrah Kemanusiaan
C. Hubungan Manusia, Alam dan Tuhan
D. Hubungan Manusia, Filsafat dan Pendidikan
IV. Epistemologi Pendidikan
V. Pengetahuan dan Nilai dalam ragam Aliran Filsafat
A. Nilai dan Pendidikan
B. Etika dan Pendidikan
C. Estetika dan Pendidikan
VI. Teori-Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia
A. Teori Pengembangan SDM dalam Islam
B. Idealisme
C. Rasionalistis
D. Realisme
E. Pragmatisme-Eksprimentalisme
F. Eksistensialisme
G. Dialog Antar Aliran dan Islam
VII. Aliran-Aliran dalam Filsafat Pendidikan
A. Progresivisme
B. Essensialisme
C. Perenialisme
E. Dialog Antar Aliran dan Pengembangan Pendidikan Islam
X. Pendidikan dan Ideologi Politik Negara
XI. Telaah Filsafat tentang Komponen Pendidikan
XII. Pendidikan Islam dalam Era Global
A. Pendidikan Multi Kultural
B. Pendidikan dan Pembentukan Kepribadian
C. Watak dan Strategi Modernisasi Pendidikan Islam
XIII.Pemikiran Filosofis Filsuf tentang Pendidikan
A. Ibn Sina
B. al-Ghazali
C. Ibn Miskawaih
D. al-Zarnuji
E. M. abduh
F. Ibn Khaldun
G. M. Iqbal
H. Ahmad Dahlan
I. Hasyim Asy’ari
J. HAMKA
K. Isma’il Raji al-Faruqi
L. Fazlur Rahman
M. Naquib al-Attas


E. STRATEGI PEMBELAJARAN
1.Metode
Metode yang digunakan dalam pembelajaran mata kuliah ini adalah metode ceramah dan diskusi/dialog yang divariasikan dengan pemberian contoh dan tugas melalui model berpikir filsafat. Penekanaan penggunaan metode dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mengembangkan pola berpikir analisis-kritis, kreatif, reflektif dan inovatif terhadap berbagai problem pendidikan.

2. Media
Untuk membantu pelaksanaan pembelajaran selain menggunakan media yang lazim digunakan di kelas, juga dengan menggunakan OHP.

F. EVALUASI
Evaluasi yang digunakan adalah tes lisan, tulisan, studi kasus.

G. REFRENSI POKOK

Muhmidayeli., Filsafat Pendidikan Islam, Aditya Medya, Yogyakarta, 2005
Muhmidayeli., Teori-Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia., Program Pas casarjana UIN Suska Riau dan LSFK2P, Pekanbaru, 2007
John S. Brubacher, Modern Philosophy of Education, Mc.Graw Hill Publishing Company, New York, 1978.
George F. Kneller, Introduction To The Philosophy of Education, John Wiley & Sons, Inc, New York, 1971.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1992.
Al-Syaibany, Omar Muhammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1979.
`Ali Khalil Abu al-`Ainain, Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al-Karim, Dar al-Fikr al-`Arabiy, 1980
Abdul Rahman Shalih, Educational Theory; A Qur`anic Outlook, Ummul Qura` University, Makkah, 1982.
Uyoh Sadullah, Pengantar Filsafat Pendidikan, Al-fabeta, Bandung, 2003.
Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan Sistem dan Metode, Andi Offset, Yogyakarta, 1990.
Imam Barnadib, Ke Arah Perspektif Baru Pendidikan, Dep. Pendidikan dan Kebudayaan, Direkto0rat Perguruan Tinggi, Jakarta, 1988.
Titus, H. Hornorld, dkk., Persoalan-Persoalan Filsafat, Terj. Rasyidi, Bulan Bintang

REFRENSI PENUNJANG
Sir Thomson Gudfrey, A Modern Philosophy of Education, George Allen  Unwin, London, 1975.
Kingsley Price, Education and Philosophical Thought
Imam Barnadib, Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode, IKIP Yogyakarta, Yogyakarta, 1985.
Muhammad Nur Syam, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pancasila, Usaha Nasional, Surabaya, 1986.
Hasan bin `Ali al-Hijaziy, Manhaj Tarbiyah Ibn Qayyum, edisi terjemahan, Pustaka, Bandung, 2001.
Zulkarnaini, Filasafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1991.
Richard Pratte, Contemporary Theories of Education, Educational Publishers, Scranton, 1971.
Sayyed Husein Nasr, Tradisional Islam in The Modern World, Terj. Lukman Hakim, Pustaka, Bandung.
………. Knowledge and The Sacred, Terj. Suharsono, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1997.
Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan, Gaya Media Pratama, Jakarta, 1997.
Mortimer J. Adler, The Conflict in Education.
----------, The Crisis in Contemporary Education.
B.Hamdani Ali, Filsafat Pendidikan,, Kota Kembang, Yogyakarta, 1993.
Arthur K. Ellis dkk., Introduction To The Foundations of Education, Prentice Hall, New Jersey, 1986.
Joe Park, Selected Reading in the Philosophy of Education, Mac Millan Publishing, Co. Inc., New York, 1974.
Theodore Bramel, Philophies of Education in Cultural Perspektive, HO. It Renehart and Wiston, 1955.
Jamaludin dkk., Filsafat Pendidikan, Gaya Media Pratama, Jakarta, 1997.
Muhammad Iqbal, Asrar I Khudi, Terj. Bahrum Rangkuti, Bulan Bintang, Jakarta, t.t.
Muhammad Iqbal, The Reconstruction of Religious Thought in Islam, Terj. Ali Audah dkk., Tinta Mas, Jakarta, 1966.
John Dewey, Budaya dan Kebebasan, Terj. A.Rahman Zainuddin, Yayasan Obor Indonesia, 1998.
Steven M. Chan (ed), New Studies in The Philosophy of John Dewey, The University Press of New England, New Hamesphire, 1977.
Sidney Hook, Sosok Filsuf Humanis Demokrat dalam Tradisi Pragmatisme, Terj. I. Gatot dan Avi Mahaningtyas, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta, 1994.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar